J. Penarikan Kesimpulan
1. Setelah dihitung dengan rumus prosentase, maka penarikan kesimpulan untuk pengelolaan kelas sebagai berikut :
a. Apabila data menunjukan 0-20% maka keterambilan guru dalam mengelola kelas di Sekolah Dasar Negeri Sungai Landas Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar sangatlah kurang sekali.
b. Apabila data menunjukkan 21-40% maka keterampilan guru dalam mengelola kelas di Sekolah Dasar Negeri Sungai Landas Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar sangatlah kurang.
c. Apabila data menunjukan 41-60% maka keterampilan guru dalam mengelola kelas di Sekolah Dasar Negeri 3 Sungai Tiung Kecamtan Cempaka Kota Banjarbaru sangatlah cukup.
d. Apabila data menunjukan 61-80% maka keterampilan guru dalm mengelola kelas di Sekolah Dasar Negeri Sungai Landas Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar sangatlah baik.
e. Apabia data menunjukan 81-100% maka keterampilan guru dalam mengelola kelas di Sekolah Dasar Negeri Sungai Landas Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar sangalaht baik sekali.
2. Adapun penarikan kesimpulan yang dilakukan dengan cara menarik hasil perhitungan yang menggunakan rumus korelasi produk moment sebagai berikut :
Dari hasil perhitungan tersebut apabila rhitung sama dengan atau lebih besar dari rtabel dengan taraf signifikan 5% maka ada hubungan yang signifikan dan hipotesis alternatif yang menyatakan ada hubungan pengelolaan kelas dan keaktifan belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Sungai Tiung Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan jika sebaliknya maka hipotesis alternatif (Ha) di tolak.